Review: Float - X (Sepuluh)

Akhirnya, saya balik lagi, kali ini untuk mereview band yang sebenarnya tidak perlu saya review, karena memang sudah bagus, tapi ya sudahlah, mari kita review.

Album baru band Float Project, namanya "X" atau "sepuluh" merupakan album 10 tahun ulang tahun band Float, walaupun hanya 6 track, tapi rasa seperti album sebelumnya (Ost. 3 Hari Untuk Selamanya), masih terasa.

Album ini bisa dibeli secara online (kalau stok 1000 pcs CD masih ada) di sini: http://demajors.com/album/view/394

Oke, langsung saja, lagu pertama, "Perlahan" dengan durasi 4:37, dimana kita diajak untuk mengapung dari keadaan kita saat ini, Kalau di album sebelumnya, ini seperti campuran "No-Dream Land" dengan "Tiap Senja", namun dengan feel orkestra.

Lalu di hajar dengan, "Ke Sana". Intronya di hias dengan stereo delay vokal, dan gitar elektrik berdistorsi, sebagai synth-nya. Kalau di album sebelumnya, seperti lagu "Pulang".

"A Theme For Nothing", saya tidak terlalu mengerti liriknya, tapi nanti di ujung post ini, ada linknya. Namun, ada titik serunya, dimana di dalam lagu ini, ada rebab, Seperti campuran musik arab, musik sunda, dan The Beatles, namun sebagai sesuatu yang tidak ada apa-apa. Di sini kita seperti ngapung dengan benar-benar melayang, dimana temponya tidak terlalu cepat, dan kita menikmatinya.

"Songs of Seasons", ingat "Stupido Ritmo"? Ya, ini mirip, tidak terlalu mirip, hanya saja, mirip. Lagu paling singkat ini, seperti mengajak kita untuk, udahan yuk, ngapungnya. Dengan lirik yang singkat dan simpel, lagu ini sepertinya cocok menjadi penutup album ini.

Eh, tunggu dulu, ini punya saya yang limited edition, jadi ada dua bonus track!

"I.H.I" (live), direkam di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Selalu suka lagu ini, mengajak kita untuk berdansa, dengan beat yang tinggi, Sayangnya, Raymond sang bassis, tidak menjadi backing vokal. Sensasinya antara direkam benar-benar di studio atau live, bisa dikatakan, di campur.

"Sementara" (live), di Earthernity Fest, Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Dimulai dengan crowd-singing! Salah satu bonus track paling epik yang pernah saya dengar.

Saran saya, sebelum kamu mendengar album ini:

Jangan pernah mendengarkan album ini pada pagi atau siang hari. Dengarkanlah pada sore atau malam hari. Kenapa? Jangan mau tahu kenapa, nanti rugi sendiri kalau kamu mencari tahu!
Sekian saja review absurd ini, silahkan mendengarkan lagunya. Bonusnya ada di sini (lirik, dan segala macam): http://floatproject.com/more-of-float10thanniv/

No comments:

Post a Comment