Mau Masuk SMP? Baca Ini Dulu..

Ini sebenarnya lebih ke tips-tips bertahan hidup pada saat SMP. Karena, taktiknya pasti beda.

Pada dasarnya setiap pelajaran SD, SMP, dan SMA itu sama, hanya saja semakin ke atas, materinya lebih spesifik.

Untuk SMP, mungkin berbeda sekali dari SD, IPS dipecah jadi 3 (atau 4) pelajaran, IPA dipecah jadi 3 pelajaran. IPS itu standarnya ada Geografi, Sejarah, Ekonomi. Kadang-kadang belajar Sosiologi. alau IPA tetap, Kimia, Fisika, Biologi. Nanti di Geografi belajar soal permukaan bumi, letak astronomis-geografis. Sejarah ya belajar sejarah manusia, sejarah Indonesia. Ekonomi ya belajar prinsip ekonomi, ya jadi pedagang gitu.

IPAnya di Kimia belajar unsur, senyawa, ada oksigen, hidrogen, dan lainnya. Fisika itu ada hitung-hitungannya, hanya saja untuk SMP masih mudah. Biologi, ya belajar tentang mahluk hidup, sel, organ, dan banyak lainnya.

Kalau kamu orangnya tidak atau kurang pergaulan atau susah berbicara dengan orang lain, sepertinya kamu harus latihan public speaking, agar berbicara saat presentasi tidak grogi.


Paling tidak, cara berfikir kita, kelogisan kita, bagaimana kita menanggap dalam persoalan matematika dan psikologi secara bersamaan. Atau simpelnya saya kutip dari buku Sherlock Holmes:

Otak manusia pada awalnya seperti loteng kecil yang kosong, dan kau harus mengisinya dengan perabotan sesuai dengan pilihanmu. Orang bodoh mengambil semua informasi yang ditemuinya, sehingga pengetahuan yang mungkin berguna baginya terjepit terjepit di tengah-tengah atau tercampur dengan hal-hal lain. Orang bijak sebaliknya. Dengan hati-hati ia memilih apa yang dimasukkannnya kedalam loteng otaknya. Ia tidak akan memasukkan apa pun kecuali peralatan yang akan membantunya dalam melakukan semua pekerjaannya, sebab peralatan ini saja sudah banyak. Semuanya itu diatur rapi dalam loteng otaknya sehingga ketika diperlukan, ia dapat dengan mudah menemukannya. Keliru kalau kau pikir loteng otak kita memiliki dinding-dinding yang bisa membesar. Untuk setiap pengetahuan yang kau masukan, ada sesuatu yang sudah kau ketahui yang terpaksa kau lupakan. Oleh karena itu penting sekali untuk tidak membiarkan fakta yang tidak berguna menyingkirkan fakta yang berguna.

Perhatikan yang saya cetak miring. Itu poin-poin besarnya.

Jadi, siapkan dirimu. Coba-coba saja logika soal PISA atau TIMSS. Nanti juga bisa kok :)

No comments:

Post a Comment