Tips Untuk Grup Band Baru

Saya cuma mau sharing sedikit, saya punya banyak grup musik, saya bakal sharing disini tentang tips-tips untuk grup musik/band baru.

Grupnya baru bikin? Cocok kok untuk baca tulisan ini.


  • Nongkrong lah!
    Karena grup yang belum nongkrong dan cuma kenal anggotanya dengan permainannya, gak guna! Nongkrong lah berjam-jam, ngobrol, kenali satu-sama-lain dengan ngobrol panjang hal yang diluar musik, nanti kalau bermain, pasti kekompakannya ada. Percaya hal itu.
  • Curhat sedikit antar anggota band
    Curhatnya gak apa-apa, biar mereka tau masalah kita dan bisa lebih akrab juga. Tapi curhatnya jangan sampai nangis-nangis.
  • Permainan pertama grogi?
    Grogi/nervous itu wajar. Setiap orang pernah mengalaminya. Cara mengatasinya? Rajin-rajinlah manggung, nanti dapat pengalaman, dari pengalaman itu pasti rasa grogi hilang.
  • Ingat: Semangat dapat dari audience.
    Pasti! Semangat dapat dari audience, rasa grogi hilang, pede mulai membakar. Udah setengah show, semangatnya langsung membara. Kenapa bisa seperti itu? Penonton tepuk tangan disaat kita mulai itu belum ada apa-apa, tapi saat ditengah lagu penonton tepuk tangan dan teriak "wuuuw" itu baru kita senyum-senyum sendiri dan merasa senang, penonton bisa gitu.
  • Malu dengan lagu buatan sendiri?
    Lagu buatan sendiri memang agak malu dinyanyikan pertama kali. Makanya banyak band yang ditengah lagu, mereka sisipkan lagu buatan sendiri dan sisanya lagu cover-an. Biar semangat mereka membara.
  • Memainkan lagu orang?
    Jangan ambil mentah-mentah lagu orang. Improvisasilah, aransemen ulang lah, tambah-tambahkanlah dengan ciri khas band kalian! Pasti penonton berfikir: "iya juga ya, kalau dijadikan seperti ini, lagu ini enak juga".
  • Cari jati diri band!
    Jangan ambil mentah-mentah ciri khas band lain. Ambil ciri khas band sendiri. Niscaya kamu akan dikagumi orang-orang lain dengan ciri khas unik-mu itu.
  • Mau terkenal?
    Jangan ikut lomba! Ikut lomba nggak akan membuat grup musik kamu terkenal dan mendapatkan uang dengan gampang. Caranya bisa terkenal adalah nge-gig terus. Show di cafe, mall, dan lainnya bakal membuat kamu keren dihadapan penonton.
Udah itu aja.

No comments:

Post a Comment